Rabu, 06 Juni 2012

La-RanTa is Back


Hello walkers, bagaimana kabar kalian semua? Baik-baik saja? Sukurlah.

Sudah lama  sekali rasanya La-RanTa tidak pernah lagi update. Hal ini membuat beberapa orang pengunjung setia La-RanTa bertanya tanya, apa yang sebenarnya terjadi pada blog ini? Sebagian dari mereka bertanya, apakah La-RanTa benar-benar akan di tutup seperti kabar yang mereka tahu akhir-akhir ini? Memang tidak dapat di pungkiri, sejak awal kemunculannya beberapa waktu yang lalu, blog ini sudah memiliki pembaca setia yang selalu menantikan update terbaru dariku sebagai admin La-RanTa. Mereka itu adalah blogger-blogger yang sebagian besar tergabung dalam lingkaran persahabatan ungu para blogger yang di kenal dengan nama Bloof. bloofers, begitu biasanya para anggotanya disebut.

Sebenarnya, memang desas-desus yang selama ini beredar itu benar adanya. La-RanTa awalnya benar-benar akan ditutup. Apa alasannya? Alasannya sederhanan saja, yaitu karena awalnya kebanyakan isi dari blog ini hanyalan copas dari berbagai situs dan kumpulan tulisan tulisan dari blogger dan situs lain yang dianggap penting dan menarik untuk disebarluaskan kembali kepada pembaca setia La-RanTa. 

Sebagai blogger pemula saat itu, aku merasa hal itu wajar wajar saja dilakukan. Aku berkaca pada beberapa situs dan blog pribadi di internet yang melakukan hal yang sama. Tapi, semakin lama jam terbangku dalam dunia per-blog-an, semakin mengertilah aku tentang etika blogging yang benar. Salah satunya adalah tentang orsinalitas tulisan yang di posting di blog. Aku kemudian tahu kalau sebenarnya aktifitas salin-tempel itu adalah hal yang keliru. Seharusnya tulisan yang kita posting di blog pribadi kita  adalah tulisan asli dari pemilik blog yang bersangkutan.

Aku lama merenung saat kemudian tahu kalau apa yang dilakukan aku selama ini adalah hal yang tidak dianjurkan dan bahkan dilarang keras dalam dunia blogging. Coba sejenak kita berfikir, bagaimana kalau tulisan yang kita tulis tiba-tiba muncul di situs atau blog pribadi orang lain tanpa sepengetahuan kita? Pasti sakit hati rasanya. Apa lagi blog tersebut tidak mencantumkan kita sebagai penulisnya, dan bahkan mereka mengklaim tulisan itu adalah tulisan asli mereka. 

Hal lain yang aku cermati pula adalah bahwa setiap blog itu sebarusnya unik dan mempunyai karakternya sendiri. Lalu di mana letak keunikan itu kalau seluruh posting yang ada di dalam blog kita hanyalah hasil salin-tempel dari blog lain? Pastinya tidak ada. Tulisan dalam blog pribadi kita tidak akan lagi mencerminkan kita sebagai pemilik blog tersebut. Akan menjadi rancu dan bias adanya ketika gaya bahasa di satu posting jauh berbeda dengan gaya bahasa di posting selanjutnya, dan dari keseluruhan posting yang ada. 

Dua hal itulah yang mendasari aku untuk menutup blog ini. Tapi sekarang, La-RanTa is back, walkers! Dan kalian yang berkunjung ke blog ini mendapat gelar baru dariku selaku admin La-RanTa, ‘walker’.

Aku sebagai admin La-Ranta mengucapkan selamat kepada walkers yang sudah menunggu lama untuk setiap posting baru di blog ini. Mulai saat ini, aku sebagai admin La-RanTa berjanji untuk selalu meng-update blog ini dengan tulisan-tulisan hasil dari tulisanku sendiri.

Lalu apa yang akan disajikan La-RanTa kepada walkers kedepannya? 

Aku sebenarnya juga punya beberapa alasan mengapa blog ini di buka lagi setelah beberapa saat lalu sempat benar-benar di nonaktifkan. Yang pertama adalah karena aku tidak bisa mengikuti beberapa lomba berbasis blog yang diadakan oleh beberapa komunitas ataupun yang diadakan oleh beberapa orang secara pribadi. Memang benar aku memiliki blog lain yang berbasis tulisan tulisan fiksi, yaitu FiksiQ. Tapi karena sekali lagi sebuah blog itu seharusnya memiliki karakternya sendiri dan harus unik, maka tidak mungkin aku menerbitkan posting di FiksiQ yang isinya bukan fiksi atau cerpen. Maka itu aku tidak bisa berpartisipasi dalam lomba lomba yang mengharuskan pesertanya untuk menulis esay dan sejenisnya. Untuk tujuan itulah La-RanTa kembali dari tidur panjangnya.

Yang kedua adalah, karena aku ingin memiliki catatan harian online. Dan benar, aku ingin menjadikan La-RanTa ini sebagai blog catatan harian pribadiku. Semacam diary. Hal ini didasari oleh keinginanku untuk terus menulis setiap hari. Cerpen-cerpen fiksi yang aku buat jelas tidak bisa aku tulis setiap hari. Aku bukan orang yang selalu punya kesempatan untuk menulis fiksi. Tidak selalu ada ide yang bisa dituliskan. Menulis fiksi bagiku masih membutuhkan konsentrasi yang lebih. Sedangkan menulis catatan harian rasanya tidak membutuhkan energi sebesar menulis cerita cerita fiksi.

Yang ketiga adalah karena aku termotifasi oleh kang Insan yang baru-baru ini membuat blog baru yang isinya sama sekali berbeda dengan blog lamanya. Juga pak dhe Kholik, seorang blogger senior yang memiliki beberapa blog pribadi dengan isi yang berbeda-beda. Kepada kedua blogger sejati ini, aku mengucapkan terimakasih telah menginspirasiku.

Sekali lagi, La-RanTa is back, walkers. Don’t be sad. La-ranta kembali dengan wajah baru, kemasan baru, dan tentu saja tanpa posting-posting hasil salin-tempel yang dulu pernah bercokol di sini. Untuk kalian walkers sejati, selama mengikuti rekam jejak kehidupanku di sini.

Salam bloofers, salam blogging.



7 komentar:

  1. dari seorang walkers di Surabaya mengucapka wellcome back La-Ranta....

    selalu menanti karya emasnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku bukan pengrajin emas mas, aku cuma mau nulis diary ... :D

      Hapus
  2. sebenarnya ku kurang mudeng, apa karena emang ga tau sejarahnya La-RanTa ya? hehehe..
    pokoknya welcome back. bikin blog dengan tulisan berbeda dari yang sudah dipunyai merupakan kerjaan orang2 hebaaaat.. semangat om :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. weh..., siapa yang hebat?
      *** tolah toleh... :D

      makasih supportnya, irma. semangat juga ya ....

      Hapus
  3. Alhamdulillah La Ranta kembali. Kalau tidak mungkin kita tidak akan berkenalan ya mas Rd... Allah memang sudah mengatur semuanya dengan baik.

    BalasHapus

.
..
Buktikan kunjungan kamu ke blog ini dengan meninggalkan komentar sebagai jejak kunjungan.
..
.

Ada kesalahan di dalam gadget ini